Jumat, 10 Februari 2017

Cara membuat motor lebih kencang dan irit

Cara membuat motor lebih kencang dan irit

11 FEBRUARI 2017. OLEH FERRY BAYU

Langsung saja berikut Cara membuat motor kencang namun tetap irit atau tidak boros :
  • Pada bagian karburator, spuyer pakai yang standard saja.
  • Rajin-rajinlah memperhatikan kehalusan Leher angsa, jika kotor segera bersihkan.
  • Untuk bagian mesin dan silinder pembakaran, coba anda servis apakah ada yang rusak atau tidak.
  • Untuk oli mesinnya, saran saya pakai oli enduro.
  • Jika anda tanya soal ukuran bannya bagaimana, saran saya pakai ukuran ban yang tidak terlalu besar (ban mobill) dan tidak terlalu kecil (ban sepeda). pakai ukuran yang standart saja dan sesuai kebutuhan atau selera
Berikut cara agar motor lebih kencang dan irit
1. kebersihan karburator (siklus bahan bakar premium)
setting karburator - Spuyer standar (karena ukuran dari pihak pabrikan sudah di rancang khusus supaya irit kencang bertenaga), untuk motor yang berumur lebih dari 2 tahun, jika spuyer pilot jet + mainjetsudah usang/motor jadi boros tidak ada salahnya jika di ganti di bengkel. dan itu perlu di konfirmasikan pada pihak si penyervis )
2. Leher angsa ( penghubung antara karburetor dengan silinder head).
Perhatikan kehalusan, bisanya kalau sudah kotor akan mempengaruhi suplai campuran bahan bakar ke ruang bakar sehingga membuat motor lambat
3. Mesin dan silinder pembakaran
terdiri dari klep, seker, silinder, head. semua berhubungan dengan kompresi bahan bakar jadi untuk motor lama bisanya kompresi kurang maximal kerjanya. jadi tanyakan kepada pihak bengkel apa yang harus di servis/ganti.
4.Oli Mesin
Oli mesin sangat berpengaruh dengan kecepatan, suhu yang berhubungan erat dengan panas mesin hal ini berpengaruh juga dengan kinerja motor dan menentukan irit dan tidaknya sepeda motor kita.
5. Knalpot
Knalpot yang bersih/standar akan membuat kinerja motor jadi lari lebih kencang. untuk motor standart tidak perlu ganti knalpot racing, karena penggunaanya untuk jarak jauh dan dekat jadi cukup pakai yang standart saja. sedang untuk tarikan performa motor balap knalpot sangat perlu di ganti dengan knalpot rakitan balap.
6. Ukuran Ban
Ukuran ban juga berpengaruh terhadap kinerja mesin, semakin besar ban akan memerlukan kinerja mesin yang berlebih sehingga berpengaruh juga dengan kencang iritnya si motor. pilih ukuran standart lebih aman karena hal ini mempengaruhi keamanan dan kinerja mesin.

Demikian ulasannya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba untuk Membuat Motor Lebih Kencang dan Irit


-CARA / TRIK MEMBUAT MOTOR KENCANG
kers pasti menginginkan motornya kuat ,bandel ,gesit dan kencang larinya. Tapi untuk mendapatkan motor dengan kekuatan dan akselerasi yang mantab pastilah membutuhkan biaya yang tidak murah untuk memodifikasi ,baik bore up maupun tune up.
Memodifikasi motor untuk mendapatkan performa tinggi bisa dilakukan sendiri dengan biaya yang lumayan murah. Akan tetapi apabila masih ragu ,para bikers dapat membawa motor kesayangan ke bengkel langganan. 
1.      Karbulator
Kalau ingin motor kencang bisa digunakan alternative mengganti karbulator dengan ukuran yang lebih besar dari standarnya. Kalau ingin lebih murah ,bisa dengan mengganti spuyer saja dengan ukuran lebih besar juga dr standarnya. Motor bawaan pabrik respon awalnya sangat galak tapi untuk ngebut sangat sulit ,itu disebbkan spuyer yang dipakai berukuran kecil sehingga pasokan bensin ke dapur pacu kurang maksimal. Penggantian spuyer juga jangan asal-asalan ,bukan kencang lari motor kita ,malah tersendat-sendat atau mbrebet.
2.      System Pengapian
Perombakan di system pengapian dapat dilakukan dengan mengganti CDI standart dengan CDI Racing. Sudah banyak CDI Racing beredar dengan berbagai merek ,produk luar dan dalam negeri dipasaran. System pengapian dapat diganti dengan menggeser pengapian. Menggeser pengapian dilakukan dengan caramelepas bagian magnet dan menggeser pulser  dengan cara mencoak lubangnya.
3.      Camsaft / Noken As
https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQGtYth9ha6wpZdMYt2-UIoCqRHkEpE98WwCAn2d652Hur1mzTGYA
Bagian ini sangat berperan penting terutama untuk motor 4tak sedangkan untuk mesin 2tak ditentukan oleh porting. Noken As berfungsi untuk mengatur  keluar masuknya bahan bakar yang akan diproses  di dapur pacu sehinga menghasilkan power pada mesin. Bagian ini sangat sensitive ,apabila salah korek ,motor gak bisa lari !! bikers dapat mengganti bagian ini dengan Noken As Racing atau dengan membubutnya.

4.      Knalpot
Knalpot merupakan bagian pembangan mesin. Penggunaan knalpot standart akan menghambat jalur keluar gas hasil pembakaran karena ukuram muffler yang kecil. Knalpot standart dapat dibobok untuk meningkatkan performa motor. Penggantian dengan knalpot free flow,juga menambah performa motor ,meskipun suaranya sedikit berisik
''Semoga tips yang saya berikan bermanfaat bagi kalian para pecinta kecepatan'' 

tips sederhana memodifikasi motor agar lebih kencang lajunya

   Simak tips berikut ini:
1. Piston. Untuk memodifikasi motor Anda agar menjadi lebih cepat lajunya, Anda harus mengurangi berat piston sehingga tenaga motor meningkat karena tenaga yang hilang untuk melawan berat piston. Untuk mengurangi berat piston, Anda bisa memotong bagian bawah dari piston, besarnya bagian yang dipotong tersebut sudah tertentu (pasti) dan tiap sepeda motor tidak sama.
2. Kepala Silinder. Dalam proses modifikasi motor Anda, kompresi ruang bahan bakar sangat menentukan tenaga yang dihasilkan. Prinsipnya, semakin tinggi kompresi bahan bakar semakin besar tenaga yang dihasilkan. Untuk mempertinggi kompresi ruang bakar dapat dilakukan dengan mengurangi volume ruang bakar. Pada sepeda motor umumnya, hal ini dilakukan dengan menggerinda kepala silinder sehingga ruang bakar berkurang dan kompresinya meningkat.
3. Lubang Pembilasan. Jumlah gas baru campuran  bensin dan udara yang dimasukkan ke ruang bakar sangat menentukan ternaga motor yang dihasilkan. Semakin banyak gas yang dimasukkan berarti kepadatan gas semakin tinggi sehingga tekanan kompresi naik dan pembakaran lebih baik. Untuk mencapai hal itu, lubang pembilasan (pemasukkan) diperluas agar jumlah gas baru yang masuk lebih  banyak. Perluasan lubang bilans tersebut harus tetap pada batas-bataa tertentu dan disertai pula modifikasi di bagian lain. JIka hal itu tidak dilakukan maka motor bukannya bertambah tenaganya, tapi justru menjadi rusak.
4. Sistem Kelistrikan. Tenaga listrik pada motor kebyakan 6 volt. Tagangan tersebut dapat diubah menjadi 12 volt dengan mengubah system kelistrikannya. Dengan tegangan 12 volt, lampu-lampu menjadi lebih terang, klakson menjadi lebih keras dan bunga api busi menjadi lebih besar.
5. Rocker Arm. Rocker arm atau lengan penumbuk katup juga berfungsi untuk meneruskan gerakan dari batang penekan (push rod) atau dari poros pam sehingga katup bisa membuka dan menutup. Rocker arm yang baik adalah yang ringan tapi kuat. Jika pemotongan rocker arm berlebihan akan mengakibatkan rocker arm menjadi mudah patah.
6. Roda Gigi. Modif motor dilakukan dengan tujuan agar kecepatan sepeda motor bertambah pada tenaga mesin yang sama, roda gigi belakang harus diganti dengan ukuran diameter yang lebih kecil, jika roda gigi diganti dengan yang lebih kecil tentu saja panjang ranta roda harus dikurangi dan disetel .





Cara Jetting dan Menyetel karburator

Karena masih ada dan malah banyak yang tidak tahu tentang jetting karburator, saya coba ulas lebih lengkap.
Setting karburator dilakukan dengan melakukan adjustment pada :
1. Ukuran pilot jet
2. Ukuran main jet
3. Posisi klip needle jet
4. Setelan bukaan udara
5. Setelan stasioner
Pada bukaan gas 3/4 hingga full yang berperan adalah pilot jet dan main jet. Jadi yang mau nambah top speed, ganti pilot jet dan main jet. Tinggal beli pilot jet dan main jet baru yg ukurannya lebih besar, terus pasang menggantikan yg lama. Ukuran dratnya sama, yg beda adalah ukuran lobang ditengahnya. Jadi tak ada masalah gonta-ganti MJ/PJ asal speknya memang buat karburator yang sama(Mikuni).
Untuk setting irit, optimum atau boros ada pada posisi klip dan setelan stasioner. Bukan pada sekrup bukaan udara. Sekrup udara hanya digunakan untuk mengatur agar pembakaran sempurna (busi warna merah bata).

Cara penyetelan bukaan udara :
1. Putaran sekrup stasioner searah jarum jam hingga stasionernya tinggi. Memutar spekrup stasioner searah jarum jam menyebabkan needle jet terangkat. Sama dengan membuka gas, membuka gas menyebabkan needle jet terangkat. Kenapa harus tinggi dulu? Karena nanti bukaan udara akan ditutup habis, kalau needle jet tidak cukup terangkat maka mesin jadi mati. Jadi needle jet harus cukup terangkat dulu.
Sekrup stasioner. Putaran searah jarum jam menyebabkan stasioner semakin tinggi. Putaran arah sebaliknya menyebakan langsam/stasioner makin rendah.
2. Putar sekrup bukaan udara searah jarum jam hingga masuk mentok(menutup). Selama diputar, langsam/stasioner akan menurun. Bila mesin jadi mati, buka sekrup udara 2 putar, kembali ke langkah pertama dan tambahkan langsamnya.
Putar sekrup bukaan udara searah jarum jam hingga masuk mentok
3. Putar sekrup bukaan udara berlawanan jarum jam(membuka), secara perlahan-lahan. Amati suara stasionernya(suara knalpot/mesin), stasioner akan semakin tinggi seiring sekrup udara dibuka secara perlahan. Putar terus secara perlahan-lahan, dan berhenti saat stasioner tidak mau naik lagi. Kemudian putar sekrup bukaan udara searah jarum jam sebanyak 1/4 putaran.
Putar sekrup bukaan udara berlawanan jarum jam(membuka)
4. Putaran sekrup stasioner berlawanan jarum jam hingga stasionernya turun. Pilih stasioner yang cocok. Stasioner yang cukup/tinggi menyebabkan mesin responsif tapi boros bensin, stasioner yang kurang/rendah menyebabkan bensin irit tapi jadi kurang resposif(kurang tenaga). Selesai sudah jetting karburator-nya.
Kalau sekrup stasioner sudah dibuka banyak atau sampai habis tapi idle-nya ngga mau turun2, itu tandanya jarumnya menggantung. Biasanya disebabkan setingan kabel gas-nya terlalu boros.
Kabel gas dapat diatur untuk responsif (langsam tinggi dan boros), atau untuk irit (langsam hampir mati dan irit)

0 komentar:

Posting Komentar